Jumat, 28 Februari 2014

Berpikir lah perasaan atau Berperasaan lah pikiran ?

Posted by ellen :) at 10.59
Suatu saat lo lagi jalan-jalan atau lagi di mobil yang sedang berhenti di lampu merah. seorang pengemis datang menghampiri lo. apakah lo akan beri sedekah? 

Orang pertama : "Iya gue kasih, abis kasihan, kelihatan kelaperan atau lemah atau kelihatan belom makan begitu. lagian kan ga salah sumbang sedikit, ga bikin lo miskin juga." 
Orang kedua : "Gue sih nggak ngasih ah. kenapa dia ga kerja aja ya? yg ibu ibu pun bisa jadi pembantu rumah tangga. pemuda pemuda muda juga bisa jadi loper koran,mereka juga masih mampu bekerja. gue kasih duit justru malah buat mereka males dan malah buat mereka kebiasa dengan terus meminta"

          Bagaimana? apa lo lebih kepada orang pertama atau yang kedua? lihatlah bagaimana perasaan dan pikiran bekerja. kelihatan banget kan bagaimana orang pertama perasaannya lebih mempengaruhi dia dalam bertindak. karena perasaannya yang kasihan terhadap pengemis, maka pikiran lah yang nantinya harus mengikuti perasaan. maka timbul pikiran "lagian sumbang sedikit juga ga bikin lo miskin". awalnya didasarkan oleh perasaan. 


dan orang kedua yang lebih berpikir secara rasional, secara logis. eiiiitsss, jangan menjudge loh. jangan bilang kalau orang kedua tidak punya hati, terlalu perhitungan, ga peduli terhadap sesama. ya memang, jeleknya masyarakat kita. orang yang mikir begini malah dianggap seperti itu. tapi kenyataannya? salah gak yang orang kedua ngomong? bicara tentang kelogisannya?logis kok, engga salah juga kan? ga ada yang paling benar ga ada yang salah juga. semua berdasarkan pilihan subyektif masing-masing. entah perasaannya yang lebih mengelola kepribadiannya atau justru pikirannya yang lebih mengaturnya dalam hidup. 

Perasaan
cara kerja perasaan adalah mengutamakan apa yang terbaik bagi hatinya, tentunya disini yang dimaksudkan adalah kebahagiaan. orang yang mengutamakan perasaan cenderung akan selalu mengambil keputusan yang pasti tidak menyakiti hatinya, melakukan segala cara untuk menghindari penderitaan bagi perasaannya. melakukan hal yang bahkan dapat dikatakan oleh kaum awam sebagai tindakan ga masuk akal. mau contoh? ga usah jauh jauh deh 
"lo tau kalo dia ga suka ama lo. liat aja dia lagi bahagia ama yang laen. tapi kenapa tetep lo kejar? bego lo" 
berapa kali ya orang orang yang berperasaan dibego-bego-in kaya gini. 

dan ironisnya lo cuma bisa jawab
"ya gimana.. sukanya cuma sama dia. siapa yang punya keyakinan kuat, usaha, gue pasti bisa deh sama dia"

lah? kok dia malah milih yang bikin dia sakit ati? katanya menghindari penderitaan bagi perasaan. sabaaar. coba dibaca dulu baik baik. tujuan utamanya dia apa? mencari kebahagiaan. mendapat balasan cinta dari orang yang dia suka itu kan? walau awalnya sakit tapi dia rela sakit demi kebahagiaan akhirnya. kalo sakit ya sakit banget, kalo seneng ya seneng banget, susah banget disuruh kalo hati udah gamau, susah dingertiin karena bicara soal perasaannya ya subyektif banget. yang paling tau apa yang dirasakannya kan dia sendiri? makanya terkadang sering dianggap berlebihan. ya tapi itu ciri khas mental seorang yang perasa. 
siapa yang bilang yang beperasaan itu yang lemah? ada keuntungan? banyak. contoh kecilnya : 
seorang perasa yang kehilangan uangnya di jalan. gamau kebanyakan mikir. jadi ya,
"yah yaudah deh amal. siapa tau ada orang lain yang butuh"
seorang perasa yang ingin berbisnis. lebih berani mengambil resiko. dibanding terlalu menimbang nimbang akibat yang bakal terjadi. dia lebih pilih 
"ya yang penting gue suka apa yang gue lakuin. kalo nanti ga jalan ya itu urusan nanti, yang penting jalanin dulu aja."
"selama hidup di dunia ini bisa diusahakan untuk mencari kebahagiaan, ya pilih bahagia lah. di akhirat belum tentu bahagia kan?"
sekali lagi. lihat bagaimana pikirannya yang mengikuti tempo perasaannya?
Maka, seorang yang perasa suka membisikkan "wahai pikiran, berperasaan lah pikiran~"
                                                     
                                               

Pikiran
Realistis. Rasional. ciri utama seorang pemikir. kalo yang diseberang sana yang diutamakan adalah kebahagiaan. yang disini adalah menjunjung tinggi nilai kebenaran dan kelogisan dalam hidup. 
ngeri? enggak. salah? enggak. tapi mungkin masih belum diterima dengan baik di masyarakat.
seorang pemikir lebih berorientasi kedepan, lebih memikirkan resiko yang muncul apabila melakukan sesuatu hal, memikirkan segala hal lebih kepada baik tidaknya terhadap diri lo. 
"kalau ga baik? ya ngapain diterusin. nyiksa nyiksa diri lo aja" lebih keras pendiriannya. kalau udah berprinsip beeeeh prinsipnya dipegang teguh banget. 
tapi heeey para pemikir, mau sampai kapan mencari cari yang terbaik bagi lo dan tidak terhadap hati lo? sepikir-pikirnya seseorang, pasti ada yang namanya hati kecil. mau lo bertindak sebenar apapun, tapi kalo hati ga setuju. ya pasti ada rasa it doesn't feel right for my heart. 
"tapi mungkin perasaan aja kali ya, ya it's okay lah. yang penting tindakan gue ga salah kok.tindakan gue benar." itu lah cirinya seorang pemikir. selalu mengandalkan pemikirannya dalam bertindak, tapi apa memang sudah benar pemikiran lo itu? atau memang dari pandangan lo atau beberapa orang saja? coba dicek lagi para pemikir. 
seorang pemikir identik dengan orang yang ga punya hati? siapa bilang? keuntungannya? tidak kalah banyak. contoh kecilnya :
seorang pemikir yang sedang putus cinta/ sakit hati. 
"Ya tidak apa apalah. ke depannya pasti ada yang lebih baik lagi. yang ini dijadikan pelajaran aja" 
seorang tukang move-on yang cepat. ingat ya, bukannya ga punya hati atau cepat menyerah. tapi lebih berpikir rasional aja. ngapain ngestuck di tempat yang bikin lo terlarut dalam kesedihan dan ga maju maju? 
seorang pemikir yang sedang berbisnis 
"sebentar sebentar gue pikir dulu... tempat strategisnya disini, kalo gue invest segini gue bakal dapat segini..blablabla" 
menimbang nimbang dulu sebelum melakukan sesuatu. makanya hidupnya lebih terencana dan terarah. 

"gue mah realistis-realistis aja deh. kenyataan dan faktanya begitu. bener kan?" itulah ciri khas seorang pemikir
                                                                   

                             Jadi, lo termasuk yang mana? yang lebih menyuruh perasaan untuk berpikir atau pikiran yang harus berperasaan?
kalo lo nanya sama yang buat tulisan ini?jujur dia sih lebih kepada seorang yang perasa. 
tapi kenapa dia bisa berpikir buat post beginian ya? 
oh iya. dalam hidup memang harus seimbang kan? 





2 komentar:

 

berbagai cerita Template by Ellen Blogger Template | Gift Idea